Fakultas Filsafat Mengikuti “Nitilaku Perguruan Kebangsaan” UGM 2016

Foto KPI/Nusa : Persiapan berangkat dari Fakultas Filsafat

 

niti laku fakultas filsafat

Foto KPI/Nusa : Rombongan Fakultas Filsafat siap mengikuti Nitilaku

Fakultas Filsafat UGM – (Minggu, 18/12) ribuan alumni dan pelajar kampus perjuangan membawa Yogyakarta melintasi perjalanan waktu masa lampau. Tepatnya ke masa 67 tahun silam pada tanggal 19 Desember 1949 saat pertama kali berdiri sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang bernama Universitas Gadjah Mada. Bertempat di Pagelaran Mangkubumen Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dipinjamkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai bentuk dukungan pada pendidikan di Indonesia kala itu.

Jika Dies Natalis ke-1 UGM dihadiri oleh Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno dan wakinya Drs. Mohammad Hatta, serta Sri Sultan Hamengku Buwono IX, maka Dies ke-67 ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juag mengikuti Nitilaku dari Keraton Hadiningrat Ngayogyakarta, Jl. Malioboro, Tugu Jogja, hingga tiba di Lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada.

“Tema Niti Laku sekarang ini adalah jadul (jaman dulu-red),” kata Ganjar Pranowo selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) kepada wartawan di Pagelaran Kraton. Tema ini bertujuan untuk mengingat kembali perjalanan bersejarah perjuangan UGM sebagai pemersatu pendidikan di Indonesia. Budi Setiyono selaku Wakil Ketua Pelaksana menambahkan, nitilaku merupakan gambaran proses perpindahan kampus UGM dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ke kampus Bulaksumur yang diresmikan oleh Ir. Soekarno.

Selain para alumni, acara ini juga diikuti oleh mahasiswa dari 18 fakultas dan perwakilan dari Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Daerah (IKPMD) yang ada di Yogyakarta. Fakultas Filsafat juga turut ambil bagian dengan menurunkan karyawan, mahasiswa dan dosen untuk mengikuti nitilaku tersebut. Didampingi oleh Dr. Rr. Siti Murtiningsih selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Agus Himawan Utomo, S.S., M.Hum. sebagai Wakil Dekan II Bidang Keuangan, Aset dan SDM, serta Drs. Mustofa Anshori Lidinillah, M.Hum. dan Dr. Misnal Munir, M.Hum.

Dalam sambutannya, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D menyatakan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut dan terlibat dalam mensukseskan acara Dies Natalis ke-67 UGM yang bertema “Nitilaku Perguruan Kebangsaan”. (Wf/Arl)



© Menara Ilmu, Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada - 2016