IDEOLOGI FILM KARTUN ANIMASI ANAK: Refleksi Filosofis atas Pedagogi Tersembunyi Dalam Dunia Disney

IDEOLOGI FILM KARTUN ANIMASI ANAK.

Ideologi adalah dasar pandangan masyarakat tentang masa depan. Ia terdiri atas nilai-nilai yang merupakan cita-cita masyaraka t tersebut. Ideologi dapat bersumber pada nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran agma, kepercayaan, budaya, dan dapat pula dikembangkan atas dasar pengalaman-pengalaman hidup dari masyarakat yang bersangkutan. Ideologi karena itu  dapat dipahami sebagai sistem penjelasan tentang keberadaan suatu kelompok sosial, sejarahnya, dan proyeksinya ke masa depan dan merasionalisasikan suatu bentuk hubungan kekuasaan.

Komersialisasi koorporasi Walt Disney dapat dikatakan sebagai salah satu contoh dari adanya ideologi dalam arti yang terakhir ini. Ia hadir dipergunakan untuk merasionalisasikan adanya bentuk hubungan kekuasaan. Disney dengan produk film-film kartun animasi anak mencoba hadir perlahan menghegemoni masyarakat melalui pedagogi medianya.

Buku yang merupakan hasil penelitian ini bertujuan menemukan suatu gambaran pedagogi tersembunyi dalam film kartun animasi anak. Gambaran ini penting untuk menelisik lebih jauh adanya ideologi yang bersemayam dibalik cerita-cerita film kartun animasi anak keluaran Disney.



© Menara Ilmu, Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada - 2016