METAFISIKA Serat Wirid Hidayati Jati

METAFISIKA.

Serat Wirid Hidayati Jati adalah satu dari sekian banyak naskah ynag menjadi media ekspresi bagi nilai-nilai kearifan Jawa. Sebagai bagian dari ekspresi budaya Jawa, Serat Wirid Hidayat Jati adalah karya sastra yang kaya akan ajaran filsafat yang bermanfaat bagi manusia di dalam menjalani kehidupannya. Serat Wirid Hidayat Jati disusun oleh R.Ng. Ranggawarsita, yang merupakan salah satu pujangga terkenal dari Surakarta.

Serat Widi Hidayat Jati berisikan ajaran mengenai ilmu kesempurnaan, yng berasal dari berbagai sumber ajarn islam, seperti Quran, Hadis, Ijma’, Qiyas, dan ajaran-ajaran yang berkaitan dengan ilmu tasawuf. Banyaknya pengaruh dari ajaran yang bermacam-macam tersebut menjadikan Serat Widi Hidayat Jati sebagai karya yang sangat kaya dengn pemikiran filsafat mengenai banyak hal. Beberapa pemikiran filsafat yang bisa ditemukan dalam karya tersebut adalah tentang manusia, Tuhan, alam, dan tentang moralitas.  Dalam perspektif metafisika, karya sastra ini berisikan pandangan tentang realitas terdalam, mulai dari kuantitas realitas hingga norma ontologis transendental yang mengatasi segala realitas.

Reno Wikandaru, M. Phil. adalah dosen Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada. Bidang filsafat yang digeluti mencakup metfisika atau ontologi, kebudayaan Indonesia, dan filsafat Nusantara. Selain mengajar di Fakultas Filsafat, juga mengajar di beberapa fakultas yang lain, khususnya untuk Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK).



© Menara Ilmu, Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada - 2016