Pembukaan Lustrum X & Dies Natalis 50 Fakultas Filsafat 2017

Tampak halaman depan Fakultas Filsafat dipenuhi para dosen, tendik, mahasiswa maupun alumni pada Senin (8/5). Fakultas Filsafat yang tidak lama lagi akan memasuki usia setengah abad tengah mengadakan pembukaan kegiatan Lustrum X & dies natalis ke 50.

Drs. M. Mukhtasar Syamsuddin M. Hum., Ph.D of Arts, selaku ketua panitia kegiatan Lustrum dan Dies, menegaskan beberapa poin terkait rangkaian acara yang dirancang hingga November mendatang. Kegiatan yang bertemakan “Setengah Abad Fakultas Filsafat Berikprah Untuk UGM Berakar Kuat Dan Indonesia Bermartabat” ini diisi dengan 24 mata acara dengan jumlah dana kurang lebih 400 juta, dimana jumlah tersebut juga tidak lepas dari bantuan alumi. Disebutkan bahwa pada tanggal 16-17 mei akan diadakan philodedication. Beliau juga menyebutkan bahwasanya acara ini sesungguhnya berisi ucapan syukur dan doa. “Mari dengan penuh penghargaan mendedikasikan waktu dan tenaga mensukseskan fakultas kita” ajak beliau dalam kata sambutan yang disampaikan.

Dekan Fakultas Filsafat, Dr. Arqom Kuswanjono yang turut memberi sambutan juga menegaskan terkait tema kegiatan ini, yaitu Berakar Kuat untuk Negara yang Bermartabat. Menurut beliau tema tersebut sesuai dengan visi Fakultas Filsafat Menjadi fakultas yang terpercaya dalam pengkajian dan pengembangan filsafat dan nilai-nilai kearifan local yang dijiwai Pancasila. Berdasarkan penjelasan beliau kegiatan ini melibatkan pihak mahasiswa yang diperkirakan sekitar 40 mahasiswa menjadi panitia. Beliau juga memohon kepada seluruh khalayak di Fakultas Filsafat untuk turut memberikan doa kepada pendiri fakultas Filsafat, Prof. Dr. Notonegoro sebagai inisiator berdirinya lembaga pendidikan filsafat di Universitas Gadjah Mada, yang saat ini dikenal dengan Fakultas Filsafat UGM (/Glo).



© Menara Ilmu, Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada - 2016