Peran Perempuan Menurut Tradisi Jawa dan Islam dalam Perspektif Filsafat Nilai

Peran Perempuan Menurut Tradisi Jawa dan Islam dalam Perspektif Filsafat Nilai.

Pembahasan tentang peran ganda perempuan sangat menarik dilakukan, khususnya di Jawa. Penelitian tentang peran ganda perempuan menurut pandangan masyarakat Jawa penting dilakukan untuk mendapatkan data sebagai dasar pertimbangan kebijakan tentang peran perempuan. Pandangan masyarakat Jawa dalam kenyataannya banyak menerima pengaruh ajaran Islam. Pandangan Islam dan pandangan masyarakat Jawa setelah menerima pengaruh Islam tentang gender penting menjadi pertimbangan untuk meluruskan pandangan teori fungsionalis struktural.

Pembahasan secara komprehensif tentang peranan perempuan menurut pandangan tradisional Jawa dan ajaran Islam di Indonesia menjadi penting agar dapat dibedakan pemberian arti masing-masing. Pemberian arti tentang peranan perempuan yang berbeda terutama bukan untuk dipertentangkan kebenarannya, tetapi dicari konvergensinya bagi kepentingan hidup kaum perempuan di Indonesia.

Permasalahan yang akan dikupas dalam buku ini adalah pokok-pokok ajaran Islam dan tradisi Jawa tentang peran ganda perempuan. Pokok-pokok ajaran Islam dan tradisi Jawa tentang peran ganda perempuan tersebut dijadikan data untuk menemukan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Permasalahan ini kemudian secara reflektif dilanjutkan untuk merumuskan sumbangan ajaran Islam dan tradisi Jawa tentang peran ganda perempuan bagi permasalahan peran ganda perempuan di Indonesia.



© Menara Ilmu, Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada - 2016